Jadwal & Panduan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) Program Studi Akuntansi S1 tahun akademik 2023/2024

AKUNTANSI.FE.UNM.AC.ID – Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) merupakan salah satu hal kewajiban yang harus dilakukan setiap mahasiswa sebelum memulai perkuliahan atau proses pembelajaran semester yang berlangsung. Mahasiswa UNM program studi Akuntansi S1 juga diwajibkan untuk melakukan pengisian KRS pada Sistem Informasi Akademik (SIA) UNM. Pengisian KRS Program Studi Akuntansi S1 dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang tercantum pada Kalender Akademik UNM Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024 (Keputusan Rektor No. 1260/UN36/HK/2022) yaitu mulai pada tanggal 3 Juli 2023  hingga 11 Agustus 2023.

Apa Itu KRS?

KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan susunan rencana studi mahasiswa untuk satu semester.  Berdasarkan Peraturan Akademik Universitas Negeri Makassar tentang KRS atau Kartu Rencana Studi adalah kartu yang memuat rencana studi seorang mahasiswa yang disusun menurut pilihan berdasarkan minat dan kemampuannya dalam satu program pendidikan. Seluruh mahasiswa wajib mengisi KRS agar dapat mengikuti perkuliahan. Jika tidak melakukan pengisian KRS, maka mahasiswa tersebut tidak akan terekam oleh database di kampus sehingga dapat membuat mahasiswa tersebut tidak boleh mengikuti kegiatan perkuliahan apapun dan dapat terancam terlambat lulus.

Sebelum Mengisi KRS

Sebelum melakukan pengisian KRS mahasiswa diwajibkan untuk melengkapi persyaratan registrasi akademik, yaitu pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan atau Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Mahasiswa. Berdasarkan Peraturan Akademik Universitas Negeri Makassar, Registrasi adalah proses administrasi yang dilakukan oleh mahasiswa dimulai dengan pembayaran UKT dan/atau BPP sampai dengan pengisian Kartu Rencana Studi. Jika mahasiswa sudah melengkapi persyaratan akademik tersebut maka mahasiswa sudah dapat diperbolehkan untuk mengisi KRS tersebut.

Kapan Dilaksanakan Pengisian KRS?

Tentunya dalam pelaksanaan pengisian KRS sudah terjadwal oleh tiap-tiap kampus. Universitas Negeri Makassar sendiri memiliki kalender akademik sesuai dengan Keputusan Rektor Universitas Negeri Makassar tentang penetapan kalender akademik Universitas Negeri Makassar semester genap tahun akademik 2023/2024 dan semester gasal (ganjil) tahun akademik 2023/2024. Jadwal pengisian KRS berdasarkan kalender akademik dilaksanakan pada 3 Juli 2023 sampai dengan 11 Agustus 2023.

Bagaimana Cara Melakukan Pengisian KRS?

Setelah mengetahui pentingnya KRS, sebelum melakukan pengisian KRS, dan juga jadwal pelaksanaan KRS, teman-teman Akuntansi S1 tentunya perlu mengetahui mengenai cara untuk melakukan pengisian KRS sebagai berikut.

  1. Pertama mahasiswa dapat mengakses laman sia.unm.ac.id kemudian login menggunakan akun yang telah diberikan sebelumnya oleh fakultas.
  2. Setelah login, mahasiswa dapat memilih menu Registrasi Mahasiswa dan tekan menu Semester.
  3. Setelah itu, akan muncul tampilan mengenai beberapa mata kuliah. Mahasiswa dapat memilih mata kuliah dan kelas dengan menekan tombol  “ambil” yang berada di sebelah kanan kolom mata kuliah.
  4. Setelah memilih mata kuliah, selanjutnya mahasiswa dapat menyimpan perubahan KRS tersebut.
  5. Terakhir, mahasiswa dianjurkan untuk mencetak dokumen KRS yang telah disimpan dan segera diajukan approval sekaligus meminta tanda tangan KRS kepada dosen Pembimbing Akademik (PA).

Demikianlah Panduan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) bagi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Pengisian KRS wajib dilakukan oleh seluruh Mahasiswa Universitas Negeri Makassar agar kemudian dapat menjalani perkuliahan yang akan berlangsung.

Penulis dan Editor: Tim 2 Web Prodi Akuntansi