SIMPOSIUM NASIONAL AKUNTANSI (SNA) KE – XXVII

Simposium Nasional Akuntansi (SNA) merupakan forum kajian ilmiah yang memberi kesempatan bagi para akademisi, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mempresentasikan hasil penelitian terbaiknya di bidang akuntansi. Tujuan SNA adalah untuk meningkatkan kualitas dan perkembangan akuntansi di Indonesia melalui forum kajian ilmiah oleh akademisi dan praktisi untuk berkontribusi memberikan berbagai pemikiran-pemikiran yang konstruktif. SNA merupakan program kerja Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) yang digelar setiap tahun. Penyelenggaraan SNA dimulai sejak tahun 1997 yang dilaksanakan di Yogyakarta, dan pada tahun-tahun selanjutnya diselenggarakan secara bergantian oleh Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2023, Simposium Nasional Akuntansi  (SNA) XXVI 2023 dilaksanakan di Kota Ternate. Pada kesempatan itu juga, Kota Ternate telah menjadi ajang promosi daerah kepada tamu yang hadir. Kegiatan bertaraf nasional ini dipusatkan di Universitas Khairun (Unkhair) pada 19-21 September 2023.

Forum kajian ilmiah bagi akademisi, praktisi maupun mahasiswa di bidang akuntansi ini menghadirkan 323 peserta dari berbagai kalangan. Diantaranya para pelaku akuntan, akademisi, praktisi, instansi dan kementerian/lembaga keuangan serta kepala daerah di Indonesia.

Setelah sukses menjadi tuan rumah Sidang Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXIII pada September 2023 lalu, pada tahun ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bekasi (UNIB) kembali dipercaya sebagai host (tuan rumah) kegiatan bertaraf nasional dan internasional di bidang akuntansi, yaitu Simposium Nasional Akuntansi (SNA) Ke XXVII yang direncanakan akan terlaksana pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2024.

Persiapan menuju acara SNA ke – XXVII telah mencapai tahap penting. Pada tanggal 6 – 7 Februari 2024, Tim Survei yang dipimpin oleh Prof. Dr. Dian Agustia dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) melakukan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bengkulu (UNIB) untuk berdiskusi dengan panitia inti di tingkat wilayah. Prof. Dr. Dian Agustina dari FEB Universitas Airlangga juga bertemu dengan Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, untuk membahas sinergi persiapan acara.

Dalam pertemuan tersebut, Tim Survei, didampingi oleh Ketua IAI Wilayah Provinsi Bengkulu, Dr. Rombinson, dan Ketua Panitia SNA ke – XXVII, Dr. Fachruzzaman, bersama Wakil Rektor IV UNIB, Prof. Dr. Irfan Gustian, membahas pentingnya acara SNA sebagai forum bagi para akademisi dan praktisi akuntansi. Mereka menjelaskan bahwa acara ini bukan hanya pertemuan tahunan, tetapi juga merupakan platform bagi perkembangan profesionalisme dan integritas dalam bidang akuntansi.

FEB UNIB telah dipercaya sebagai tuan rumah untuk SNA ke – XXVII, yang diharapkan akan menjadi momen bersejarah bagi Bengkulu. Dengan tema “Meningkatkan Kualitas Akuntan dan Auditor yang Menguasai Teknologi Informasi,” acara ini menekankan pentingnya menggabungkan teknologi informasi dengan nilai-nilai profesionalisme, integritas, dan kewaspadaan dalam praktik akuntansi. Komitmen penuh dari panitia bertujuan untuk membuat SNA ke – XXVII di Bengkulu menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi semua peserta.

Adapun manfaat dari kegiatan Nasional ini antara lain:

  1. Peningkatan kualitas penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan, akuntansi manajemen, pasar modal, audit, sistem informasi dan perpajakan.
  2. Pengembangan praktik akuntansi berkelanjutan, memperkuat pendidikan akuntansi yang relevan dengan kebutuhan bisnis di era yang terus berkembang dan memastikan bahwa lulusan akuntansi memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan dan harapan dunia bisnis yang berkelanjutan.
  3. Membangun relasi dan jaringan komunikasi antar pengelola program studi akuntansi dan akuntan pendidik di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, mari bersama-sama menjadi bagian dari perhelatan akademis yang penting ini, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) ke-XXVII pada Oktober 2024. SNA adalah forum yang mempertemukan akademisi, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang akuntansi. Partisipasi dari kalian nantinya sangatlah berharga untuk meningkatkan kualitas dan perkembangan akuntansi di tanah air. Mari bergabung dalam upaya meningkatkan profesionalisme, integritas, dan penguasaan teknologi informasi dalam praktik akuntansi.